Monday, October 22, 2012

Lodho Ayam Sukoanyar - Tulungagung

Lodho Ayam
Lodho ayam itu makanan khas Tulungagung ya?. Saya lebih suka lodho ayam daerah selatan, Campurdarat ke selatan, ayamnya benar - benar dibakar jadi terasa gurihnya, ndak cuma sekedar dimasak dengan bumbu tanpa dibakar. Tidak seperti lodho ayam di daerah kota, meski tidak semua, tapi mayoritas ayamnya cuma dibakar ala kadarnya atau bahkan sama sekali ndak dibakar lebih dulu sebelum dibumbu, rasanya jadi kurang lodho.

Oh iya, bagi yang belum tahu Lodho itu apa, Lodho adalah ayam, biasanya ayam kampung, yang dibakar kemudian dimasak dengan santan kental dan bumbu. Lebih pedas lebih mantab.

Bayangkan seperti ini : siang, lapar, ada nasi gurih hangat, lodho ayam pedas satu ekor, dimakan bareng - bareng, plus urap segar, minumnya es teh atau es jeruk. Plus lagi, makannya sambil piknik di pinggir pantai, gelar tikar di bawah pohon nyiur dan angin semilir. Wuiiihhh....



Salah satu warung lodho ayam yang terkenal di Tulungagung adalah Warung Lodho Lestari, Sukoanyar. Lebih dikenal dengan Lodho Sukoanyar. Menu tambahan yang disajikan di sini adalah urap, jeroan sebagai pilihan, dan tentunya nasi gurih. Nasinya benar - benar terasa gurih, kempyar, dan harum.

Nasi Gurih
Lokasi warung ini ada di Desa Sukoanyar, kalau dari Campurdarat lurus saja ke barat, agak jauh, nanti ada kuburan Sukoanyar masih ke barat sedikit, warungnya ada di utara jalan raya.



Abaikan spanduk rokoknya, tengok plang Warung LODO nya saja :)

0 comments:

Post a Comment

 

Blog Template by BloggerCandy.com